Selamat Datang Di Website Resmi PTUN Bandar Lampung "Website ini merupakan standarisasi website badan peradilan dibawah naungan Mahkamah Agung R.I"
Rapat Evaluasi Bulan Februari 2019

Rapat Evaluasi Bulan Februari 2019

Bandar Lampung, 20 Maret 2019. Ketua PTUN Bandar Lampung Bapak GURUH JAYA SAPUTRA,SH.,MH. Mengadakan rapat evaluasi bulan Februari 2019 bertempat di ruang Sidang Utama Pengadilan tata Usaha Negara Bandar Lampung, yang di More »

Serah Terima Jabatan Panitera Muda Perkara dan Hukum

Serah Terima Jabatan Panitera Muda Perkara dan Hukum

Pada hari selasa, 12 Maret 2019 Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung bapak GURUH JAYA SAPUTRA,SH.,MH. Melaksanakan pengambilan sumpah kepada kedua Panitera yang baru di lantik yaitu Ibu IDA MERIATI,SH.,MH. sebagai Panitera More »

HUT Peradilan Tata Usaha Negara

HUT Peradilan Tata Usaha Negara

Pada hari senin tanggal 21 Januari 2019 Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung merayakan hari jadi Peradilan tata Usaha Negara yang ke 28 tahun bertempat di Aula Gedung Pengadilan Tata Usaha Negara More »

Penyerahan Hasil Penilaian Uji Petik Reformasi Birokrasi

Penyerahan Hasil Penilaian Uji Petik Reformasi Birokrasi

Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung pada tanggal 10 Desember 2018, Telah mendapatkan hasil penilaian Reformasi Birokrasi oleh Tim Uji Petik Reformasi Birokrasi Direktorat Jendral Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara More »

Upacara Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018

Upacara Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018

Dalam rangka menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 1325/SEK/HM/0.1.2/10/2018 tanggal 25 Oktober 2018, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandar Lampung menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018. Upacara More »

 

PERAN PERADILAN DALAM MENINGKATKAN KEMUDAHAN BERUSAHA DI INDONESIA

IMG_3529JAKARTA-HUMAS, Sesuai dengan mandat pasal 4 UU No. 39 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, Pengadilan akan terus bersikap proaktif untuk mengatasi hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. Karena pencapaian tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan membantu masyarakat dalam mencari keadilan, termasuk bagi para pelaku usaha yang berupaya menyelesaikan sengketanya.Komitmen demikian disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. Muhammad Hatta Ali dalam pidato kunci seminar “Peran Peradilan Dalam Meningkatkan Kemudahan Berusaha di Indonesia” di Jakarta pada Senin (7/3) pagi. Bagi Ketua MA, komitmen ini tidak dapat ditawar lagi karena tidak lain memang sudah diamanatkan secara nyata dalam Undang-Undang Mahkamah Agung itu sendiri.

 

Lebih lanjut komitmen Mahkamah Agung tersebut ditunjukkan dengan kerja keras peradilan dalam melakukan pembaruan peradilan secara struktural dan substansial, untuk meningkatkan kepercayaan dan keyakinan publik sekaligus ikut andil dalam pembaruan hukum di Indonesia. Dalam konteks ikut andil dalam meningkatkan kemudahan berusaha, beberapa kebijakan Mahkamah Agung yang mendorong hal tersebut antara lain:
a. SEMA Nomor 2 Tahun 2014, yang memotong standar waktu penyelesaian perkara di pengadilan tingkat pertama dan banding, dari 6 bulan menjadi 5 bulan dalam peradilan tingkat pertama dan 3 bulan bagi dalam peradilan tingkat banding.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *