Selamat Datang Di Website Resmi PTUN Bandar Lampung "Website ini merupakan standarisasi website badan peradilan dibawah naungan Mahkamah Agung R.I"
SELAMAT, Dr. H.M. SYARIFUDIN, SH., MH TERPILIH MENJADI KETUA MAHKAMAH AGUNG PRIODE 2020-2025

SELAMAT, Dr. H.M. SYARIFUDIN, SH., MH TERPILIH MENJADI KETUA MAHKAMAH AGUNG PRIODE 2020-2025

Jakarta – Humas MA: Menindaklanjuti bahwa Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH, akan memasuki masa purna bakti pada 1 Mei 2020, Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggarakan Sidang Paripurna More »

Rapat Evaluasi Bulan Februari 2020

Rapat Evaluasi Bulan Februari 2020

Bandar Lampung, Jum’at 13 Maret 2020 Bertempat di Ruang Sidang Utama, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, Bapak GURUH JAYA SAPUTRA,S.H.,M.H di dampingi oleh Wakil Ketua Bapak ADHI BUDHI SULISTYO,S.H.,M.H beserta Panitera More »

WAKIL KETUA MA BIDANG YUDISIAL MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI DAN BIMTEK TANDATANGAN ELEKTRONIK

WAKIL KETUA MA BIDANG YUDISIAL MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI DAN BIMTEK TANDATANGAN ELEKTRONIK

Jakarta – Humas. Senin 17 Februari 2020. Mahkamah Agung (MA) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tandatangan Elektronik pada Salinan Putusan di Aplikasi E-Court bertempat di Hotel Grand Mercure Harmoni, kegiatan ini berlangsung More »

RAPAT EVALUASI BULAN JANUARI TAHUN 2020

RAPAT EVALUASI BULAN JANUARI TAHUN 2020

Bandar Lampung, Jum’at 14 February 2020 Bertempat di Ruang Sidang Utama, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, Bapak GURUH JAYA SAPUTRA,S.H.,M.H di dampingi oleh Wakil Ketua Bapak ADHI BUDHI SULISTYO,S.H.,M.H beserta More »

PTUN Bandar Lampung dan Fakultas Syariah IAIN Metro Jalin Kerjasama

PTUN Bandar Lampung dan Fakultas Syariah IAIN Metro Jalin Kerjasama

Bandar Lampung, 30 Januari 2020 Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung bersama Fakultas Syariah IAIN Metro menandatangani Nota Kesepahaman, Kamis 30 Januari 2020 di PTUN Bandar Lampung. Pada penandatanganan kerjasama tersebut PTUN More »

PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA DALAM RANGKA MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2020

PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA DALAM RANGKA MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2020

Bandar Lampung, Rabu 29 Januari 2020 Bertempat di Aula Pertemuan Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, Ketua, Wakil Ketua beserta seluruh Bapak Ibu Hakim,Pejabat Struktural,Pejabat Fungsional beserta seluruh Pegawai Pengadilan Tata Usaha More »

Jalan Sehat Bersama

Jalan Sehat Bersama

Bandar Lampung, 24 Januari 2020 Keluarga Besar Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung Melaksanakan kegiatan Jum’at Sehat, yaitu melakukan jalan sehat bersama di Pimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara More »

 

PERAN PERADILAN DALAM MENINGKATKAN KEMUDAHAN BERUSAHA DI INDONESIA

IMG_3529JAKARTA-HUMAS, Sesuai dengan mandat pasal 4 UU No. 39 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, Pengadilan akan terus bersikap proaktif untuk mengatasi hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. Karena pencapaian tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan membantu masyarakat dalam mencari keadilan, termasuk bagi para pelaku usaha yang berupaya menyelesaikan sengketanya.Komitmen demikian disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. Muhammad Hatta Ali dalam pidato kunci seminar “Peran Peradilan Dalam Meningkatkan Kemudahan Berusaha di Indonesia” di Jakarta pada Senin (7/3) pagi. Bagi Ketua MA, komitmen ini tidak dapat ditawar lagi karena tidak lain memang sudah diamanatkan secara nyata dalam Undang-Undang Mahkamah Agung itu sendiri.

 

Lebih lanjut komitmen Mahkamah Agung tersebut ditunjukkan dengan kerja keras peradilan dalam melakukan pembaruan peradilan secara struktural dan substansial, untuk meningkatkan kepercayaan dan keyakinan publik sekaligus ikut andil dalam pembaruan hukum di Indonesia. Dalam konteks ikut andil dalam meningkatkan kemudahan berusaha, beberapa kebijakan Mahkamah Agung yang mendorong hal tersebut antara lain:
a. SEMA Nomor 2 Tahun 2014, yang memotong standar waktu penyelesaian perkara di pengadilan tingkat pertama dan banding, dari 6 bulan menjadi 5 bulan dalam peradilan tingkat pertama dan 3 bulan bagi dalam peradilan tingkat banding.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *