Selamat Datang Di Website Resmi PTUN Bandar Lampung "Website ini merupakan standarisasi website badan peradilan dibawah naungan Mahkamah Agung R.I"
SELAMAT, Dr. H.M. SYARIFUDIN, SH., MH TERPILIH MENJADI KETUA MAHKAMAH AGUNG PRIODE 2020-2025

SELAMAT, Dr. H.M. SYARIFUDIN, SH., MH TERPILIH MENJADI KETUA MAHKAMAH AGUNG PRIODE 2020-2025

Jakarta – Humas MA: Menindaklanjuti bahwa Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH, akan memasuki masa purna bakti pada 1 Mei 2020, Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggarakan Sidang Paripurna More »

Rapat Evaluasi Bulan Februari 2020

Rapat Evaluasi Bulan Februari 2020

Bandar Lampung, Jum’at 13 Maret 2020 Bertempat di Ruang Sidang Utama, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, Bapak GURUH JAYA SAPUTRA,S.H.,M.H di dampingi oleh Wakil Ketua Bapak ADHI BUDHI SULISTYO,S.H.,M.H beserta Panitera More »

WAKIL KETUA MA BIDANG YUDISIAL MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI DAN BIMTEK TANDATANGAN ELEKTRONIK

WAKIL KETUA MA BIDANG YUDISIAL MEMBUKA KEGIATAN SOSIALISASI DAN BIMTEK TANDATANGAN ELEKTRONIK

Jakarta – Humas. Senin 17 Februari 2020. Mahkamah Agung (MA) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tandatangan Elektronik pada Salinan Putusan di Aplikasi E-Court bertempat di Hotel Grand Mercure Harmoni, kegiatan ini berlangsung More »

RAPAT EVALUASI BULAN JANUARI TAHUN 2020

RAPAT EVALUASI BULAN JANUARI TAHUN 2020

Bandar Lampung, Jum’at 14 February 2020 Bertempat di Ruang Sidang Utama, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, Bapak GURUH JAYA SAPUTRA,S.H.,M.H di dampingi oleh Wakil Ketua Bapak ADHI BUDHI SULISTYO,S.H.,M.H beserta More »

PTUN Bandar Lampung dan Fakultas Syariah IAIN Metro Jalin Kerjasama

PTUN Bandar Lampung dan Fakultas Syariah IAIN Metro Jalin Kerjasama

Bandar Lampung, 30 Januari 2020 Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung bersama Fakultas Syariah IAIN Metro menandatangani Nota Kesepahaman, Kamis 30 Januari 2020 di PTUN Bandar Lampung. Pada penandatanganan kerjasama tersebut PTUN More »

PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA DALAM RANGKA MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2020

PENANDATANGANAN KOMITMEN BERSAMA DALAM RANGKA MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2020

Bandar Lampung, Rabu 29 Januari 2020 Bertempat di Aula Pertemuan Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, Ketua, Wakil Ketua beserta seluruh Bapak Ibu Hakim,Pejabat Struktural,Pejabat Fungsional beserta seluruh Pegawai Pengadilan Tata Usaha More »

Jalan Sehat Bersama

Jalan Sehat Bersama

Bandar Lampung, 24 Januari 2020 Keluarga Besar Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung Melaksanakan kegiatan Jum’at Sehat, yaitu melakukan jalan sehat bersama di Pimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara More »

 

E-Court

e-Court Mahkamah Agung RI: ecourt.mahkamahagung.go.id

>> Tata Cara Pendaftaran Pengguna Terdaftar
>> Tata Cara Pendaftaran Gugatan Online
>> Syarat Pendaftaran e-Court

Pengertian

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

  • e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan)
  • e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online)
  • e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

Layanan

Dalam hal pendaftaran perkara Online, saat ini dikhususkan untuk Advokat. Pengguna terdaftar harus setelah mendaftar dan mendapatkan Akun, harus melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah, sedangkan pendaftaran dari Perseorangan atau Badan Hukum akan diatur lebih lanjut.

Layanan dan Penjelasan singkat Pendaftaran Perkara Online:

  • Pendaftaran Perkara (e-Filing)

Pendaftaran perkara online dilakukan setelah terdaftar sebagai pengguna terdaftar dengan memilih Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, atau Pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-Court. Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi e-Court Makamah Agung RI.

  • e-Skum (Taksiran Panjar Biaya)

Dengan melakukan pendaftaran perkara online melalui e-Court, Pendaftar akan secara otomatis mendapatkan Taksiran Panjar Biaya (e-SKUM) dan Nomor Pembayaran (Virtual Account) yang dapat dibayarkan melalui saluran elektronik (Multi Channel) yang tersedia.

  • Mendapatkan Nomor Perkara

Pendaftaran Perkara melalui e-Court secara singkat tahapannya adalah Daftar (Mendapatkan Nomor Pendaftaran Online), Melengkapi Data Pihak, Upload Berkas Gugatan, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara (e-Skum), Melakukan Pembayaran, Menunggu Verifikasi dan Mendapatkan Nomor Perkara dari Pengadilan Tempat Mendaftarkan Perkara.

  • Pengguna Terdaftar

Advokat yang sudah terdaftar sebagai Pengguna Terdaftar dapat beracara di seluruh Pengadilan yang sudah aktif dalam pemilihan saat mau mendaftar perkara baru. Pengadilan yang melaksanakan e-Court dilakukan secara bertahap sehingga Pengadilan yang tidak ada dalam daftar, akan menyusul setelah adanya kesiapan.

E-Payment

Untuk kelancaran dalam mendukung program e-Court Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Bank Pemerintah dalam hal manajemen Pembayaran Biaya Panjar Perkara . Dalam Hal ini Bank yang telah ditunjuk menyediakan Virtual Account (Nomor Pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada Pengadilan tempat mendaftar perkara.